TATSWIB (التَثْوِيْبُ) itu bid'ah ?
TATSWIB (التَثْوِيْبُ)
Yaitu Mengucapkan: الصَلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَوْمِ setelah mengucapkan حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ ketika adzan shubuh adalah bid'ah
Dalilnya :
عَنْ مُجَاهِدٍ قَالَ: كُنْتُ مَعَ ابْنِ عُمَرَ فَثَوَّبَ رَجُلٌ فِى الظُّهْرِ أَوِ الْغَصْرِ قَالَ: أُخْرُجْ بِنَا فَإِنَّ هَاذِهِ بِدْعَةٌ.
Dari Mujahid telah berkata; Ada saya bersama Ibnu Umar, lalu seseorang membaca; AsSholatu Khoirum Minan Naum pada waktu Zhuhur atau Ashor, Ibnu Umar berkata: Keluar kamu karena itu adalah bid’ah.
(SAD: I: 140: 538)
Dalil yang digunakan tentang tatswib (membaca الصلاة خير من النوم) ternyata Dhoif (bukan dari Nabi)
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَانِ بْنِ أَبِى لَيْلَى عَنْ بِلاَلٍ قَالَ: قَالَ لِى رَسُوْلُ اللهِ : لاَ تُثَوِّبَنَّ فِى شَيْئٍ مِنَ الصَّلَوَاتِ إِلاَّ فَى صَلاَةِ الْفَجْرِ.
Dari Abdur-Rohman bin Abi Laila, dari Bilal, ia berkata: Rasulullah saw berkata kepadaku: Janganlah Kamu sekali-kali tatswib (membaca الصلاة خير من النوم ) pada sesuatu dari semua sholat kecuali pada sholat shubuh
(JSH: I: 127: 198)
Keterangan :
Hadits Abu Daud (SAD: I: 140: 538) jelas-jelas disebutkan oleh Ibnu Umar bahwa Tatswib itu adalah Bid’ah. Jadi tidak bisa diamalkan
Hadits kedua (JSH: I: 127: 198). boleh tidak boleh membaca Tatswib kecuali pada sholat shubuh.
Hadits ini (JSH: I: 127: 198) banyak disoroti: Kata Abu Isa (Imam Turmudzy):
- Hadits Bilal tersebut tidak diketahui kecuali dari Abu Isroil Al-Mulatsy.
- Abu Isroil tidak mendengar hadits ini dari sanad yang bernama Hakam bin Utaibah.
- Abu Isroil itu namanya Ismail bin Abu Ishak, menurut para ahli hadits: Dia itu tidak begitu kuat. (JSH: I: 127)
Jadi hadits ini juga tidak bisa diamalkan, karena dhoif
Perbedaan pendapat para ilmuan hadits tentang Tatswib, mengenai lafazhnya:
- Kata Ibnul Mubarok Tatswib itu mengucapkan lafazh الصلاة خير من النوم ketika adzan.
- Kata Ahmad Tatswib itu mengucapkan lafazh الصلاة خير من النوم
- Kata Ishak: Tatswib itu mengucapkan حي على الصلاة قد قامت الصلاة dan فى على الفلاح
Kata Ishak lagi kejadian Tatswib itu terjadi setelah Rosululloh tiada.
Jelasnya hadits tentang Tatswib ini adalah Dhoif (bukan dari Rosululloh), yang jelas-jelas tidak bisa diamalkan.
#aljihaddakwah #aqidahmissiislam #sungaibambumengaji #tatswib #bidah
Komentar
Posting Komentar