Perempuan itu wajib Sholat Jumat
Bismillahirrohmanirrohim
๐๐๐ค๐ก๐๐ฉ ๐ ๐ช๐ข’๐๐ฉ ๐๐ช๐ ๐ช๐ข๐ฃ๐ฎ๐ ๐ฌ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ก๐๐ ๐-๐ก๐๐ ๐ ๐๐๐ฃ ๐ฅ๐๐ง๐๐ข๐ฅ๐ช๐๐ฃ
Seperti juga sholat yang lima waktu, maka sholat Jum’at juga hukumnya wajib bagi laki-laki dan perempuan.
๐ฟ๐๐จ๐๐ง ๐๐ช๐ ๐ช๐ข๐ฃ๐ฎ๐ ๐๐๐๐ก๐๐
๐ญ. ๐ผ๐ก๐ก๐ค๐ ๐๐'๐๐ก๐ ๐๐๐ง๐ ๐๐ฉ๐ :
. ٰูุٓงََُّููุง ุงَّูุฐَِْูู ุงٰู َُْููุٓง ุงِุฐَุง ُْููุฏَِู ِููุตَّٰููุฉِ ู ِْู َّْููู ِ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ َูุงุณْุนَْูุง ุงِٰูู ุฐِْูุฑِ ุงِّٰููู َูุฐَุฑُูุง ุงْูุจَْูุนَۗ ุฐُِٰููู ْ ุฎَْูุฑٌ َُّููู ْ ุงِْู ُْููุชُู ْ ุชَุนَْูู َُْูู
๐ผ๐ง๐ฉ๐๐ฃ๐ฎ๐ : ๐๐๐๐๐ ๐ค๐ง๐๐ฃ๐-๐ค๐ง๐๐ฃ๐ ๐ฎ๐๐ฃ๐ ๐๐๐ง๐๐ข๐๐ฃ! ๐ผ๐ฅ๐๐๐๐ก๐ ๐ฉ๐๐ก๐๐ ๐๐๐จ๐๐ง๐ช ๐ช๐ฃ๐ฉ๐ช๐ ๐ข๐๐ก๐๐ ๐จ๐๐ฃ๐๐ ๐๐ฃ ๐จ๐๐ค๐ก๐๐ฉ ๐ฅ๐๐๐ ๐๐๐ง๐ ๐ ๐ช๐ข'๐๐ฉ, ๐ข๐๐ ๐ ๐จ๐๐๐๐ง๐๐ก๐๐ ๐ ๐๐ข๐ช ๐ข๐๐ฃ๐๐๐ฃ๐๐๐ฉ ๐ผ๐ก๐ก๐ค๐ ๐๐๐ฃ ๐ฉ๐๐ฃ๐๐๐๐ก๐ ๐๐ฃ๐ก๐๐ ๐๐ช๐๐ก ๐๐๐ก๐.
(๐๐จ: ๐ผ๐ก-๐ ๐ช๐ข๐ช’๐๐ (๐ฒ๐ฎ): ๐๐ฎ๐๐ฉ ๐ต)
๐๐๐ฉ๐๐ง๐๐ฃ๐๐๐ฃ :
1. (๐๐จ: ๐ผ๐ก-๐ ๐ช๐ข๐ช’๐๐ (๐ฒ๐ฎ) : ๐ต) ini berbentuk umum (am), selama tidak ada yang mentakhsish, maka keumumannya berlaku kapan saja.
2. Maksudnya, siapa saja yang disebutkan didalam ayat itu maka terkena kewajiban untuk menjalankannya.
3. Dan yang terkena kewajiban pada ayat tersebut adalah orang-orang yang beriman, walaupun dhomir ุงٰู َُْููุٓง untuk laki-laki akan tetapi perempuan juga wajib untuk melaksanakannya sebagaimana perintah shaum romadhon. Sebagai konsekwensinya adalah setiap orang yang beriman (siapa saja) maka wajib sholat Jum’at.
4. Jika Alloh Ta'ala memerintahkan dengan kalimat ุกَุงู َُููุง۟ (Amanuu) itu untuk laki-laki dan perempuan yang beriman, walaupun
ุกَุงู َُููุง۟ itu dhomir untuk laki-laki akan tetapi perempuan juga terkena sebagaimana perintah shoum dengan kalimat ุกَุงู َُููุง۟ itu untuk laki-laki dan perempuan.
Maka setiap Alloh Ta'ala memerintahkan kepada orang-orang beriman dengan kalimat ุกَุงู َُููุง۟ maka itu kewajiban untuk laki-laki dan perempuan yang beriman...
๐๐๐ ๐๐ข๐ฆ๐๐ง๐ ๐๐๐ง๐ ๐๐ง ๐ก๐๐๐ข๐ญ๐ฌ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฆ๐๐ง๐๐ซ๐๐ง๐ ๐ค๐๐ง ๐๐๐ก๐ฐ๐ ๐ฉ๐๐ซ๐๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐๐ง ๐ข๐ญ๐ฎ ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐๐ข๐ฐ๐๐ฃ๐ข๐๐ค๐๐ง ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐๐ฅ๐๐ค๐ฌ๐๐ง๐๐ค๐๐ง ๐ฌ๐ก๐จ๐ฅ๐๐ญ ๐ฃ๐ฎ๐ฆ๐๐ญ ?
ุนَْู ุทَุงุฑِِู ุจِْู ุดَِูุงุจٍ ุนَْู ุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َูุงَู ุงْูุฌُู ُุนَุฉُ ุญٌَّู َูุงุฌِุจٌ ุนََูู ُِّูู ู ُุณِْูู ٍ ِูู ุฌَู َุงุนَุฉٍ ุฅَِّูุง ุฃَุฑْุจَุนَุฉً ุนَุจْุฏٌ ู َู ٌُْููู ุฃَْู ุงู ْุฑَุฃَุฉٌ ุฃَْู ุตَุจٌِّู ุฃَْู ู َุฑِูุถٌ
Sholat Jum’at wajib bagi setiap muslim dalam jama’ah, kecuali empat, (yaitu) hamba sahaya, perempuan, anak-anak atau orang sakit.
๐ง๐ฎ๐ธ๐ต๐ฟ๐ถ๐ท ๐๐ฎ๐ฑ๐ถ๐๐ :
Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Sunan-nya, Kitab Ash Shalat, Bab Al Jum’at Lil Mamluk Wal Mar’ah, no. 1067, hlm. 1/280[1], dan berkata setelah menyampaikan hadits ini,”Thariq bin Syihab melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun tidak mendengar satupun haditsnya.”
๐๐๐ฌ๐ข๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐ฅ๐๐ง :
1. Imam Nawawi mengomentari hadits Thariq bin Syihab ini dengan perkataannya,”karena jika benar ia tidak mendengar satu haditspun dari Nabi Shallallohu ‘alaihi wa sallam, maka haditsnya adalah mursal shahabi
Jadi rowinya itu dhoif yaitu Thoriq bin syihab yang berasal dari kalangan sahabat termasuk mursal (tidak pernah mendengar langsung dari Rosululloh)
2. Hadits tersebut juga ada yang menjarhukan (cacat) dan ada yang menta'dilkan (shahih)
Jika ada hadits yang men-jarhukan dan menta'dilkan maka hadits tersebut tidak bisa dipakai
3. Jika dilihat dari segi matan atau isi hadits tersebut itu bertentangan dengan (QS.al-jumuah (62) :9)...
- Dalam ayat tersebut Alloh wajibkan bagi laki-laki dan perempuan yang beriman lalu kenapa di hadits perempuan itu tidak wajib.
- lalu anak kecil, anak kecil itu memang tidak diwajibkan untuk sholat
Jika ada hadits yang berlawanan dengan al-Qur'an maka itu bukan dari Rosululloh (Kitab Tarikh al islami hal. 189-190)
2. (SM: I: 379: 40)
ุนَِู ุงْูุญََูู ِ ุจِْู ู َِْููุงุกَt ุฃََّู ุนَุจْุฏَ ุงِููู ุจَْู ุนُู َุฑَt َูุฃَุจَุง ُูุฑَْูุฑَุฉَ t ุญَุฏَّุซَุงُู ุฃََُّููู َุง ุณَู ِุนَุง ุฑَุณَُูู ุงููู ِb َُُْูููู ุนََูู ุฃَุนَْูุงุฏِ ู ِْูุจَุฑِِู: ََْูููุชَََِّููู ุฃََْููุงู ٌ ุนَْู َูุฑَุนِِูู ُ ุงْูุฌُู ُุนَุงุชِ ุฃَْู َِููุฎْุชِู ََّู ุงููู ُ ุนََูู ُُูููุจِِูู ْ ุซُู َّ ََََُُّْูููููู ู َِู ุงْูุบَุงَِِْูููู.
Dari Al-Hakam. bin Mina ra. bahwa Abdullah bin Umar ra dan Abu Huroiroh ra keduanya telah menceritakan, bahwasanya, mereka telah mendengar Rosululloh berkata: (Waktu di atas mimbar sambil memegang tiang-tiang mimbar) Hendaklah kaum-kaum itu berhenti dari meninggalkan Jum’at-Jum’at. Jika tidak, pasti Alloh tutup hati-hati mereka, kemudian mereka menjadi orang-orang yang lalai.”
3. (SN: II: 3: 89)
ุนَْู َูุงِูุนٍ ุนَِู ุงุจِْู ุนُู َุฑَt ุนَْู ุญَْูุตَุฉَ ุฒَْูุฌِ ุงَّููุจَِّู َูุงَู: ุฑََูุงุญُ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ َูุงุฌِุจٌ ุนََูู ُِّูู ู ُุญْุชَِูู ٍ
Dari Nafi dari Ibnu Umar ra dari Hafshoh istri Nabi telah berkata: Pergi ke Jum’at itu wajib atas tiap-tiap orang yang sudah baligh.
4. Ummu Hisyam binti Harits berkata: Tidaklah aku menghafal surah (Qaf) kecuali dari mulut Rosululloh yang membacakannya dalam khutbah beliau setiap shalat Jumat
(HR. Muslim dan An-Nasa’i).
Khabar ini dipahami bahwa Ummu Hisyam binti Haris ikut berjumatan di zaman Rosululloh, dan tidak ada yang melarangnya. Teks hadis tentang posisi Ummu Hisyam sebagai berikut :
ู ุญَุฏَّุซَِูู ุนَุจْุฏُ ุงَِّููู ุจُْู ุนَุจْุฏِ ุงูุฑَّุญْู َِู ุงูุฏَّุงุฑِู ُِّู ุฃَุฎْุจَุฑََูุง َูุญَْูู ุจُْูุญَุณَّุงَู ุญَุฏَّุซََูุง ุณَُْููู َุงُู ุจُْู ุจَِูุงٍู ุนَْู َูุญَْูู ุจِْู ุณَุนِูุฏٍ ุนَْู ุนَู ْุฑَุฉَุจِْูุชِ ุนَุจْุฏِ ุงูุฑَّุญْู َِู ุนَْู ุฃُุฎْุชٍ ِูุนَู ْุฑَุฉَ َูุงَูุชْ ุฃَุฎَุฐْุชُ ู َูุงُْููุฑْุขِูุงْูู َุฌِูุฏِ ู ِْู ِูู ุฑَุณُِูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َْููู َ ุงْูุฌُู ُุนَุฉََُِููู َْููุฑَุฃُ ุจَِูุง ุนََูู ุงْูู ِْูุจَุฑِ ِูู ُِّูู ุฌُู ُุนَุฉٍ ู ุญَุฏَّุซَِِููู ุฃَุจُู ุงูุทَّุงِูุฑِุฃَุฎْุจَุฑََูุง ุงุจُْู َْููุจٍ ุนَْู َูุญَْูู ุจِْู ุฃَُّููุจَ ุนَْู َูุญَْูู ุจِْู ุณَุนِูุฏٍ ุนَْูุนَู ْุฑَุฉَ ุนَْู ุฃُุฎْุชٍ ِูุนَู ْุฑَุฉَ ุจِْูุชِ ุนَุจْุฏِ ุงูุฑَّุญْู َِู َูุงَูุชْ ุฃَْูุจَุฑَ ู َِْููุง ุจِู ِุซِْูุญَุฏِูุซِ ุณَُْููู َุงَู ุจِْู ุจَِูุงٍู
Dan telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman ad-Darimi telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Hassan telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Yahya bin Sa’id dari Amrah binti Abdurrahman dari saudara perempuan Amrah, ia berkata, “Aku menghafal surat Qaaf langsung dari mulut Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam, yakni ketika beliau membacanya beberapa kali di atas mimbar dalam khutbah Jum’at.” Dan telah menceritakannya kepadaku Abu Thahir telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb dari Yahya bin Ayyub dari Yahya bin Sa’id dari Amrah dari saudara perempuan Amrah binti Abdurrahman dan lebih besar darinya. yakni sebagaimana hadits Sulaiman bin Bilal.
(HR. Muslim, 1440)
PENJELASAN :
1. Dari Qs: Al-Jumu’ah ayat 9 dan hadits (SM: I: 379:40) dan hadits (SN: II: 3: 89) sudah cukup untuk menetapkan bahwa hukum sholat Jum’at adalah wajib.
2. Kebalikannya, bahwa jika meninggalkan sholat Jum’at berarti dosa atau sama seperti meninggalkan sholat yang lima waktu, berarti dia telah kafir.
3. Di zaman Rosululloh para perempuan itu juga mengikuti sholat jumat
4. Adapun sholat zuhur di hari jumat itu tidak ada karena khusus hari jumat diwajibkan untuk sholat jumat bagi laki-laki dan perempuan
๐ ๐๐๐ ๐๐ช๐ ๐ช๐ข ๐ข๐๐ก๐๐ ๐จ๐๐ฃ๐๐ ๐๐ฃ ๐จ๐๐ค๐ก๐๐ฉ ๐๐ช๐ข๐๐ฉ ๐๐๐๐ ๐ก๐๐ ๐-๐ก๐๐ ๐ ๐๐๐ฃ ๐ฅ๐๐ง๐๐ข๐ฅ๐ช๐๐ฃ ๐๐๐๐ก๐๐ ๐ฌ๐๐๐๐ ๐๐ฉ๐๐ช ๐๐๐ง๐ช๐จ ๐๐๐ก๐๐ ๐จ๐๐ฃ๐๐ ๐๐ฃ...
๐ผ๐๐๐ฅ๐ช๐ฃ ๐๐๐๐๐ฉ๐จ ๐ฉ๐๐ฃ๐ฉ๐๐ฃ๐ ๐ฅ๐๐ง๐๐ข๐ฅ๐ช๐๐ฃ ๐ฉ๐๐๐๐ ๐๐๐ฌ๐๐๐๐๐ ๐๐ฃ ๐ช๐ฃ๐ฉ๐ช๐ ๐จ๐๐ค๐ก๐๐ฉ ๐๐ช๐ข๐๐ฉ ๐๐ฉ๐ช ๐๐๐๐ก๐๐ ๐๐๐๐๐ฉ๐จ ๐๐๐ค๐๐ (๐๐ช๐ ๐๐ฃ ๐๐๐ง๐ ๐๐ค๐จ๐ช๐ก๐ช๐ก๐ก๐ค๐)
#jumat #sholatjumat
Komentar
Posting Komentar