Perempuan itu wajib Sholat Jumat

 Bismillahirrohmanirrohim


๐™Ž๐™๐™ค๐™ก๐™–๐™ฉ ๐™…๐™ช๐™ข’๐™–๐™ฉ ๐™๐™ช๐™ ๐™ช๐™ข๐™ฃ๐™ฎ๐™– ๐™ฌ๐™–๐™Ÿ๐™ž๐™— ๐™—๐™–๐™œ๐™ž ๐™ก๐™–๐™ ๐™ž-๐™ก๐™–๐™ ๐™ž ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™ฅ๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™ฅ๐™ช๐™–๐™ฃ


 


 


Seperti juga sholat yang lima waktu, maka sholat Jum’at juga hukumnya wajib bagi laki-laki dan perempuan.


 


๐˜ฟ๐™–๐™จ๐™–๐™ง ๐™๐™ช๐™ ๐™ช๐™ข๐™ฃ๐™ฎ๐™– ๐™–๐™™๐™–๐™ก๐™–๐™


 



๐Ÿญ. ๐˜ผ๐™ก๐™ก๐™ค๐™ ๐™๐™–'๐™–๐™ก๐™– ๐™—๐™š๐™ง๐™ ๐™–๐™ฉ๐™– :

. ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุٓง ุงِุฐَุง ู†ُูˆْุฏِูŠَ ู„ِู„ุตَّู„ٰูˆุฉِ ู…ِู†ْ ูŠَّูˆْู…ِ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ูَุงุณْุนَูˆْุง ุงِู„ٰู‰ ุฐِูƒْุฑِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ูˆَุฐَุฑُูˆุง ุงู„ْุจَูŠْุนَۗ ุฐٰู„ِูƒُู…ْ ุฎَูŠْุฑٌ ู„َّูƒُู…ْ ุงِู†ْ ูƒُู†ْุชُู…ْ ุชَุนْู„َู…ُูˆْู†َ

๐˜ผ๐™ง๐™ฉ๐™ž๐™ฃ๐™ฎ๐™– : ๐™’๐™–๐™๐™–๐™ž ๐™ค๐™ง๐™–๐™ฃ๐™œ-๐™ค๐™ง๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™—๐™š๐™ง๐™ž๐™ข๐™–๐™ฃ! ๐˜ผ๐™ฅ๐™–๐™—๐™ž๐™ก๐™– ๐™ฉ๐™š๐™ก๐™–๐™ ๐™™๐™ž๐™จ๐™š๐™ง๐™ช ๐™ช๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™ข๐™š๐™ก๐™–๐™ ๐™จ๐™–๐™ฃ๐™–๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™จ๐™๐™ค๐™ก๐™–๐™ฉ ๐™ฅ๐™–๐™™๐™– ๐™๐™–๐™ง๐™ž ๐™…๐™ช๐™ข'๐™–๐™ฉ, ๐™ข๐™–๐™ ๐™– ๐™จ๐™š๐™œ๐™š๐™ง๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™ ๐™–๐™ข๐™ช ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™œ๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก๐™ก๐™ค๐™ ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™ฉ๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™œ๐™–๐™ก๐™ ๐™–๐™ฃ๐™ก๐™–๐™ ๐™Ÿ๐™ช๐™–๐™ก ๐™—๐™š๐™ก๐™ž.

(๐™Œ๐™จ: ๐˜ผ๐™ก-๐™…๐™ช๐™ข๐™ช’๐™–๐™ (๐Ÿฒ๐Ÿฎ): ๐™–๐™ฎ๐™–๐™ฉ ๐Ÿต) 




 ๐™†๐™š๐™ฉ๐™š๐™ง๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ :


 



1. (๐™Œ๐™จ: ๐˜ผ๐™ก-๐™…๐™ช๐™ข๐™ช’๐™–๐™ (๐Ÿฒ๐Ÿฎ) : ๐Ÿต) ini berbentuk umum (am), selama tidak ada yang mentakhsish, maka keumumannya berlaku kapan saja.


2. Maksudnya, siapa saja yang disebutkan didalam ayat itu maka terkena kewajiban untuk menjalankannya.


3. Dan yang terkena kewajiban pada ayat tersebut adalah orang-orang yang beriman, walaupun dhomir ุงٰู…َู†ُูˆْุٓง untuk laki-laki akan tetapi perempuan juga wajib untuk melaksanakannya sebagaimana perintah shaum romadhon. Sebagai konsekwensinya adalah setiap orang yang beriman (siapa saja) maka wajib sholat Jum’at.

4. Jika Alloh Ta'ala memerintahkan dengan kalimat ุกَุงู…َู†ُูˆุง۟ (Amanuu) itu untuk laki-laki dan perempuan yang beriman, walaupun 

 ุกَุงู…َู†ُูˆุง۟ itu dhomir untuk laki-laki akan tetapi perempuan juga terkena sebagaimana perintah shoum dengan kalimat ุกَุงู…َู†ُูˆุง۟ itu untuk laki-laki dan perempuan. 

Maka setiap Alloh Ta'ala memerintahkan kepada orang-orang beriman dengan kalimat ุกَุงู…َู†ُูˆุง۟ maka itu kewajiban untuk laki-laki dan perempuan yang beriman... 


๐๐š๐ ๐š๐ข๐ฆ๐š๐ง๐š ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐ก๐š๐๐ข๐ญ๐ฌ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฆ๐ž๐ง๐ž๐ซ๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ง ๐›๐š๐ก๐ฐ๐š ๐ฉ๐ž๐ซ๐ž๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐š๐ง ๐ข๐ญ๐ฎ ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐๐ข๐ฐ๐š๐ฃ๐ข๐›๐ค๐š๐ง ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐ž๐ฅ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ง๐š๐ค๐š๐ง ๐ฌ๐ก๐จ๐ฅ๐š๐ญ ๐ฃ๐ฎ๐ฆ๐š๐ญ ?


ุนَู†ْ ุทَุงุฑِู‚ِ ุจْู†ِ ุดِู‡َุงุจٍ ุนَู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉُ ุญَู‚ٌّ ูˆَุงุฌِุจٌ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ู…ُุณْู„ِู…ٍ ูِูŠ ุฌَู…َุงุนَุฉٍ ุฅِู„َّุง ุฃَุฑْุจَุนَุฉً ุนَุจْุฏٌ ู…َู…ْู„ُูˆูƒٌ ุฃَูˆْ ุงู…ْุฑَุฃَุฉٌ ุฃَูˆْ ุตَุจِูŠٌّ ุฃَูˆْ ู…َุฑِูŠุถٌ

Sholat Jum’at wajib bagi setiap muslim dalam jama’ah, kecuali empat, (yaitu) hamba sahaya, perempuan, anak-anak atau orang sakit.


๐—ง๐—ฎ๐—ธ๐—ต๐—ฟ๐—ถ๐—ท ๐—›๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐˜๐˜€ :

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Sunan-nya, Kitab Ash Shalat, Bab Al Jum’at Lil Mamluk Wal Mar’ah, no. 1067, hlm. 1/280[1], dan berkata setelah menyampaikan hadits ini,”Thariq bin Syihab melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun tidak mendengar satupun haditsnya.”


๐Š๐ž๐ฌ๐ข๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐ฅ๐š๐ง :

1. Imam Nawawi mengomentari hadits Thariq bin Syihab ini dengan perkataannya,”karena jika benar ia tidak mendengar satu haditspun dari Nabi Shallallohu ‘alaihi wa sallam, maka haditsnya adalah mursal shahabi

Jadi rowinya itu dhoif yaitu Thoriq bin syihab yang berasal dari kalangan sahabat termasuk mursal (tidak pernah mendengar langsung dari Rosululloh) 

2. Hadits tersebut juga ada yang menjarhukan (cacat) dan ada yang menta'dilkan (shahih) 

Jika ada hadits yang men-jarhukan dan menta'dilkan maka hadits tersebut tidak bisa dipakai

3. Jika dilihat dari segi matan atau isi hadits tersebut itu bertentangan dengan (QS.al-jumuah (62) :9)... 

- Dalam ayat tersebut Alloh wajibkan bagi laki-laki dan perempuan yang beriman lalu kenapa di hadits perempuan itu tidak wajib. 

- lalu anak kecil, anak kecil itu memang tidak diwajibkan untuk sholat

Jika ada hadits yang berlawanan dengan al-Qur'an maka itu bukan dari Rosululloh (Kitab Tarikh al islami hal. 189-190) 






 


2. (SM: I: 379: 40) 


 


  ุนَู†ِ ุงู„ْุญَูƒَู…ِ ุจْู†ِ ู…ِูŠْู†َุงุกَt ุฃَู†َّ ุนَุจْุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ ุจْู†َ ุนُู…َุฑَt ูˆَุฃَุจَุง ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ t ุญَุฏَّุซَุงู‡ُ ุฃَู†َّู‡ُู…َุง ุณَู…ِุนَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ ِb ูŠَู‚ُูˆْู„ُ ุนَู„َู‰ ุฃَุนْูˆَุงุฏِ ู…ِู†ْุจَุฑِู‡ِ: ู„َูŠَู†ْุชَู‡ِูŠَู†َّ ุฃَู‚ْูˆَุงู…ٌ ุนَู†ْ ูˆَุฑَุนِู‡ِู…ُ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุงุชِ ุฃَูˆْ ู„ِูŠَุฎْุชِู…َู†َّ ุงู„ู„ู‡ ُ ุนَู„َู‰ ู‚ُู„ُูˆุจِู‡ِู…ْ ุซُู…َّ ู„َูŠَูƒُُูˆْู†َู†َّ ู…ِู†َ ุงู„ْุบَุงูِู„ِูŠْู†َ.


 


Dari Al-Hakam. bin Mina ra. bahwa Abdullah bin Umar ra dan Abu Huroiroh ra keduanya telah menceritakan, bahwasanya, mereka telah mendengar Rosululloh berkata: (Waktu di atas mimbar sambil memegang tiang-tiang mimbar) Hendaklah kaum-kaum itu berhenti dari meninggalkan Jum’at-Jum’at. Jika tidak, pasti Alloh tutup hati-hati mereka, kemudian mereka menjadi orang-orang yang lalai.”


 


3. (SN: II: 3: 89) 


 


ุนَู†ْ ู†َุงูِุนٍ ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَt ุนَู†ْ ุญَูْุตَุฉَ ุฒَูˆْุฌِ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ู‚َุงู„َ: ุฑَูˆَุงุญُ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ูˆَุงุฌِุจٌ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ู…ُุญْุชَู„ِู…ٍ


 


Dari Nafi dari Ibnu Umar ra dari Hafshoh istri Nabi telah berkata: Pergi ke Jum’at itu wajib atas tiap-tiap orang yang sudah baligh.


4. Ummu Hisyam binti Harits berkata: Tidaklah aku menghafal surah (Qaf) kecuali dari mulut Rosululloh yang membacakannya dalam khutbah beliau setiap shalat Jumat 

(HR. Muslim dan An-Nasa’i). 


Khabar ini dipahami bahwa Ummu Hisyam binti Haris ikut berjumatan di zaman Rosululloh, dan tidak ada yang melarangnya. Teks hadis tentang posisi Ummu Hisyam sebagai berikut :


ูˆ ุญَุฏَّุซَู†ِูŠ ุนَุจْุฏُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ُ ุนَุจْุฏِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฏَّุงุฑِู…ِูŠُّ ุฃَุฎْุจَุฑَู†َุง ูŠَุญْูŠَู‰ ุจْู†ُุญَุณَّุงู†َ ุญَุฏَّุซَู†َุง ุณُู„َูŠْู…َุงู†ُ ุจْู†ُ ุจِู„َุงู„ٍ ุนَู†ْ ูŠَุญْูŠَู‰ ุจْู†ِ ุณَุนِูŠุฏٍ ุนَู†ْ ุนَู…ْุฑَุฉَุจِู†ْุชِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุนَู†ْ ุฃُุฎْุชٍ ู„ِุนَู…ْุฑَุฉَ ู‚َุงู„َุชْ ุฃَุฎَุฐْุชُ ู‚ ูˆَุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ِุงู„ْู…َุฌِูŠุฏِ ู…ِู†ْ ูِูŠ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِูˆَู‡ُูˆَ ูŠَู‚ْุฑَุฃُ ุจِู‡َุง ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ِู†ْุจَุฑِ ูِูŠ ูƒُู„ِّ ุฌُู…ُุนَุฉٍ ูˆ ุญَุฏَّุซَู†ِูŠู‡ِ ุฃَุจُูˆ ุงู„ุทَّุงู‡ِุฑِุฃَุฎْุจَุฑَู†َุง ุงุจْู†ُ ูˆَู‡ْุจٍ ุนَู†ْ ูŠَุญْูŠَู‰ ุจْู†ِ ุฃَูŠُّูˆุจَ ุนَู†ْ ูŠَุญْูŠَู‰ ุจْู†ِ ุณَุนِูŠุฏٍ ุนَู†ْุนَู…ْุฑَุฉَ ุนَู†ْ ุฃُุฎْุชٍ ู„ِุนَู…ْุฑَุฉَ ุจِู†ْุชِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ูƒَุงู†َุชْ ุฃَูƒْุจَุฑَ ู…ِู†ْู‡َุง ุจِู…ِุซْู„ِุญَุฏِูŠุซِ ุณُู„َูŠْู…َุงู†َ ุจْู†ِ ุจِู„َุงู„ٍ


Dan telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman ad-Darimi telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Hassan telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Yahya bin Sa’id dari Amrah binti Abdurrahman dari saudara perempuan Amrah, ia berkata, “Aku menghafal surat Qaaf langsung dari mulut Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam, yakni ketika beliau membacanya beberapa kali di atas mimbar dalam khutbah Jum’at.” Dan telah menceritakannya kepadaku Abu Thahir telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb dari Yahya bin Ayyub dari Yahya bin Sa’id dari Amrah dari saudara perempuan Amrah binti Abdurrahman dan lebih besar darinya. yakni sebagaimana hadits Sulaiman bin Bilal. 

(HR. Muslim, 1440)

 


PENJELASAN :

1. Dari Qs: Al-Jumu’ah ayat 9 dan hadits (SM: I: 379:40) dan hadits (SN: II: 3: 89) sudah cukup untuk menetapkan bahwa hukum sholat Jum’at adalah wajib.

2. Kebalikannya, bahwa jika meninggalkan sholat Jum’at berarti dosa atau sama seperti meninggalkan sholat yang lima waktu, berarti dia telah kafir.

3. Di zaman Rosululloh para perempuan itu juga mengikuti sholat jumat 

4. Adapun sholat zuhur di hari jumat itu tidak ada karena khusus hari jumat diwajibkan untuk sholat jumat bagi laki-laki dan perempuan


 ๐™…๐™–๐™™๐™ž ๐™๐™ช๐™ ๐™ช๐™ข ๐™ข๐™š๐™ก๐™–๐™ ๐™จ๐™–๐™ฃ๐™–๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™จ๐™๐™ค๐™ก๐™–๐™ฉ ๐™Ÿ๐™ช๐™ข๐™–๐™ฉ ๐™—๐™–๐™œ๐™ž ๐™ก๐™–๐™ ๐™ž-๐™ก๐™–๐™ ๐™ž ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™ฅ๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™ฅ๐™ช๐™–๐™ฃ ๐™–๐™™๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™ฌ๐™–๐™Ÿ๐™ž๐™— ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ช ๐™๐™–๐™ง๐™ช๐™จ ๐™™๐™ž๐™ก๐™–๐™ ๐™จ๐™–๐™ฃ๐™–๐™ ๐™–๐™ฃ... 

๐˜ผ๐™™๐™–๐™ฅ๐™ช๐™ฃ ๐™๐™–๐™™๐™ž๐™ฉ๐™จ ๐™ฉ๐™š๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ฅ๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™ฅ๐™ช๐™–๐™ฃ ๐™ฉ๐™ž๐™™๐™–๐™  ๐™™๐™ž๐™ฌ๐™–๐™Ÿ๐™ž๐™—๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™ช๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™จ๐™๐™ค๐™ก๐™–๐™ฉ ๐™Ÿ๐™ช๐™ข๐™–๐™ฉ ๐™ž๐™ฉ๐™ช ๐™–๐™™๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™๐™–๐™™๐™ž๐™ฉ๐™จ ๐™™๐™๐™ค๐™ž๐™› (๐™—๐™ช๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™™๐™–๐™ง๐™ž ๐™๐™ค๐™จ๐™ช๐™ก๐™ช๐™ก๐™ก๐™ค๐™)

#jumat #sholatjumat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak demokrasi terhadap Islam

Cara mendapatkan ketenangan?