Hadits Dhoif Sholat jumat minimal 40 orang jama'ah

 Hadits Dha'if Jiddan (Sangat Lemah) 

Bukan dari Nabi

---------

๐Ÿ“Œ Imam ‘Abdul Haq berkata:


“Tidak ada satu haditspun yang shahih tentang jumlah (orang dalam sholat Jum’at)”.


๐Ÿ“Œ Syaikh ‘Abdullah al-Bassam berkata:


“Dalam pembahasan ini ada beberapa hadits yang tidak ada asal-usulnya”

๐Ÿ“š (kitab Talkhishul Habir, 2/56)


“Sholat Jum’at adalah seperti sholat jama’ah lainnya. Yang membedakan nya adalah adanya khutbah sebelumnya dan khutbah itu bukan termasuk rukun jadi jika kita sewaktu-waktu sholat jum'at hanya dua orang maka tidak pakai khutbah itu tidak masalah. Selain itu tidak ada dalil yang menyatakan bahwa sholat jum’at itu berbeda.

 


Berikut keterangan Sholat Jum‘at boleh dilaksanakan oleh kurang dari 40 orang jama‘ah.


ุนَู†ْ ุณَุงู„ِู…ٍ ู‚َุงู„َ ุญَุฏَّุซَู†ِูŠ ุฌَุงุจِุฑٌ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ุจَูŠْู†َู…َุง ู†َุญْู†ُ ู†ُุตَู„ِّูŠ ู…َุนَ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุฐْ ุฃَู‚ْุจَู„َุชْ ู…ِู†ْ ุงู„ุดَّุฃْู…ِ ุนِูŠุฑٌ ุชَุญْู…ِู„ُ ุทَุนَุงู…ًุง ูَุงู„ْุชَูَุชُูˆุง ุฅِู„َูŠْู‡َุง ุญَุชَّู‰ ู…َุง ุจَู‚ِูŠَ ู…َุนَ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِู„َّุง ุงุซْู†َุง ุนَุดَุฑَ ุฑَุฌُู„ًุง ูَู†َุฒَู„َุชْ “ูˆَุฅِุฐَุง ุฑَุฃَูˆْุง ุชِุฌَุงุฑَุฉً ุฃَูˆْ ู„َู‡ْูˆًุง ุงู†ْูَุถُّูˆุง ุฅِู„َูŠْู‡َุง ” [ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู…].

Artinya: “Diriwayatkan dari Salim, ia berkata: Jabir radhiyallahu ‘anhu menceritakan kepadaku, ia berkata: Ketika kami shalat (Jum‘at) bersama Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam tiba-tiba datang dari Syam kafilah onta membawa makanan, maka mereka (para sahabat) mendatanginya sehingga tidak tersisa bersama Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam selain dua belas orang. Oleh karena itu turunlah ayat: “Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar”

 [HR.Bukhari dan Muslim].


Jadi sholat Jum'at itu boleh dilakukan kurang dari 40 orang, tidak harus 40 orang, jikacuma dua orang maka boleh melaksanakan sholat jum'at walaupun tidak pakai khutbah karena khutbah itu bukan bagian dari Rukun. 


Maka sholat zuhur pada hari jumat itu tidak ada, tidak boleh seseorang laki-laki dan perempuan melaksanakan sholat zuhur pada hari jumat karena laki-laki dan perempuan itu wajib untuk melaksanakan sholat jumat walaupun tidak berjama'ah. 


#aljihaddakwah #sholatjumat #jumat #sungaibambumengaji #ngaji



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perempuan itu wajib Sholat Jumat

Dampak demokrasi terhadap Islam

Cara mendapatkan ketenangan?