SHOLAT QIYAMU ROMADHON

 Sholat Qiyamu Romadhon


Qiyamu Romadhon ialah sholat Tahajjud atau sholat malam dibulan Romadhon, atau disebut juga pada saat sekarang ini sholat tarawih.

Dalil-Dalil Mengenai Sholat ini Sebagai Berikut

1. SB: I: Juz: 2: 251

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚َุงู„َ: ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَู‚ُูˆู„ُ ู„ِุฑَู…َุถَุงู†َ ู…َู†ْ ู‚َุงู…َู‡ُ ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง ูˆَุงุญْุชِุณَุงุจًุง ุบُูِุฑَู„َู‡ُ ู…َุง ุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ِ.


Dari Abu Huroiroh ra telah berkata: Aku telah mendengar Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam bekata untuk bulan Romadhon: Siapa saja yang bangun (sholat malam) dengan iman dan ikhlas maka diampuni dosanya yang telah lalu

2.SB: I: Juz: 2: 251

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚َุงู„َ: ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ: ู…َู†ْ ู‚َุงู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง ูˆَุงุฎْุชِุณَุงุจًุง ุบُูِุฑَ ู„َู‡ُ ู…َุงุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ِ


Dari Abu Huroiroh ra telah baerkata: Sesungguhnya Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam berkata: Siapa saja yang bangun (sholat malam) pada bulan Romadhon dengan rasa iman dan ikhlas maka diampuni baginya dosa yang telah lalu.

3. SM: I: 338: 173

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ: ู…َู†ْ ู‚َุงู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง ูˆَุงุฎْุชِุณَุงุจًุง ุบُูِุฑَ ู„َู‡ُ ู…َุงุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ِ


Dari Abu Huroiroh ra, sesungguhnya Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam berkata: Siapa saja yang bangun (sholat malam) pada bulan Romadhon dengan iman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang lalu.

Rosulullah saw Sangat Menganjurkan Agar Gemar Bangun Malam untuk Qiyamu Romadhon.

Dalil-dalilnya

1.SM: I: 338: 174

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚َุงู„َ: ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَุฑْุบَุจُ ูِู‰ ู‚ِูŠَุงู…ِ ุฑَู…َุถَุงู†َ ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِ ุฃَู†ْ ูŠَุฃْ ู…ُุฑَู‡ُู…ْ ุจِุนَุฒِูŠْู…َุฉٍ ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ู…َู†ْ ู‚َุงู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฅِูŠْู…َุงู†َ ูˆَุงุญْุชِุณَุงุจًุง ุบُูِุฑَู„َู‡ُ ู…َุงุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ِ ูَุชُูˆُูِّูŠَ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆَุงْู„ุฃَู…ْุฑُ ุนَู„َู‰ ุฐุงَู„ِูƒَ ุซُู…َّ ูƒَุงู†َ ุงْู„ุฃَู…ْุฑُ ุนَู„َู‰ ุฐุงَู„ِูƒَ ูِู‰ ุฎِู„ุงَูَุฉِ ุฃَุจِู‰ ุจَูƒْุฑٍ ูˆَุตَุฏْุฑًุง ูِู‰ ุฎِู„ุงَูَุฉِ ุนُู…َุฑَ ุนَู„َู‰ ุฐ‘ู„ِูƒَ 

   

Dari Abu Huroiroh ra telah berkata: Adalah Rosululla Shollallohu`alaihi wasallam gemar pada qiyamu Romadhon, tetapi tidak memerintahkan mereka dengan suatu kewajiban (Azimah). Kemudian beliau bersabda: Siapa saja yang bangun malam bulan Romadhon (untuk sholat) dengan iman dan ikhlas diampuni baginya dari dosanya yang telah lalu. Kemudian beliau di wafatkan dan adapun urusan (bangun malam untuk sholat) tetap berjalan. Kemudian urusan tersebut berjalan pada masa Khalifah Abu Bakar dan pertengahan pada masa kekholifahan Umar. Urusan itu tetap berlaku.

2. SAD: I: 321: 1371

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚َุงู„َ : ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَุฑْุบَุจُ ูِู‰ ู‚ِูŠَุงู…ِ ุฑَู…َุถَุงู†َ ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِ ุฃَู†ْ ูŠَุฃْู…ُุฑَ ู‡ُู…ْ ุจِุนَุฒِูŠْู…َุฉٍ ุซُู…َّ ูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ู…َู†ْ ู‚َุงู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง ูˆุงุญْุชِุณَุงุจًุง ุบُูِุฑَู„َู‡ُ ู…َุงุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ِ ูَุชُูˆُูِّูŠَ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆَุงْู„ุฃَู…ْุฑُ ุนَู„َู‰ ุฐ‘ู„ِูƒَ ุซُู…َّ ูƒَุงู†َ ุงْู„ุฃَู…ْุฑُ ุนَู„َู‰ ุฐ‘ู„ِูƒَ ูِู‰ ุฎِู„ุงَูَุฉِ ุฃَุจِู‰ ุจَูƒْุฑٍ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูˆَุตَุฏْุฑًุง ู…ِู†ْ ุฎِู„ุงَ ูَุฉِ ุนُู…َุฑَ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡.


Dari Abu Huroiroh ra telah berkata: Adalah Rosululla Shollallohu`alaihi wasallam menggemarkan untuk Qiyamu Romadhon. Tetapi tidak memerintahkan mereka dengan keharusan. Kemudian beliau bersabda: Siapa saja yang bangun malam (untuk sholat) bulan Romadhon dengan iman dan ikhlas, diampuni baginyya dosa yang telah lalu. Kemudian Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam diwafatkan dan urusan (bangun malam) tetap berjalan. Kemudian urusan tersebut berjalan pada masa kholifah Abu Bakar ra dan juga pertengahan Kholifah Umar ra.

Keterangan :

  1. Qiyamu Romadhon ialah sholat dimalam hari bulan Romadhon.
  2. Di bulan lain disebut Qiyamu Lail atau Tahajjud.
  3. Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam sangat menganjurkan untuk Qiyamu Romadhon ini, tetapi sebagai anjuran tidak wajib.
Bilangan Rokaat Qiyamu Romadhon dan Kaifiyatnya
Berdasarkan amalan Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam dan para shohabatnya, bilangan rokaat Qiyamu Romadhon itu adalah sebelas rokaat, dikerjakan empat rokaat sekaligus salam, empat rokaat salam dan terakhir tiga rokaat, dalil-dalil tentang hal itu adalah
1.SB: I: juz: 2: 47
ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุฃَู†َّู‡ُ ุณَุฃَู„َ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู†ْู‡َุง ูƒَูŠْูَ ูƒَุงู†َุชْ ุตَู„ุงَุฉُ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ؟ ูَู‚َุงู„َุชْ: ู…َูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَุฒِูŠْุฏُ ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَู„ุงَ ูِู‰ ุบَูŠْุฑِู‡ِ ุนَู„َู‰ ุฅِุญْุฏَู‰ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุซَู„ุงَุซًุง ูَู‚َุงู„َุชْ: ุนَุงุฆِุดَุฉَ ูَู‚ُู„ْุชُ: ูŠَุงุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَุชَู†َุงู…ُ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ุชُูˆْุชِุฑَ؟ ูَู‚َุงู„َ: ูŠَุงุนَุงุฆِุดَุฉَ: ุฅِู†َّ ุนَูŠْู†َูŠَّ ุชَู†َุงู…َุงู†ِ ูˆَู„ุงَูŠَู†َุงู…ُ ู‚َู„ْุจِูŠْ

Dari Abdurohman: Sesungguhnya ia bertanya kepada Aisyah ra bagaimana sholat Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam di bulan Romadhon? Maka ia menjawab: Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam tidak ada menambah dibulan Romadhon dan tidak dibulan lainnya hanya sebelas rokaat. Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan tentang bagusnya dan panjangnya. Kemudian Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan tentang bagusnya dan panjangnya.kemudian beliau sholat tiga rokaat, maka Aisyah berkata: Aku bertanya: Ya Rosulullah ! Apakah Engkau tidur sebelum sholat witir? Lalu beliau menjawab: Ya Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur, tetapi hatiku tidak.
2. SB: I: Juz: 2 : 252
ุนَู†ْ ุณَู„َู…َุฉَ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุฃَู†َّู‡ُ ุณَุฃَู„َ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู†ْู‡َุง ูƒَูŠْูَ ูƒุงَู†َุชْ ุตَู„ุงَุฉُ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ؟ ูَู‚َุงู„َุชْ: ู…َุงูƒَุงู†َ ูŠَุฒِูŠْุฏُ ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَู„ุงَ ูِู‰ ุบَูŠْุฑِู‡َุง ุนَู„َู‰ ุฅِุญْุฏَู‰ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„َّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณِู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„َّู‰ ุซَู„ุงَุซًุง ูَู‚ُู„ْุชُ: ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَุชَู†َุงู…ُ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ุชُูˆْุชِุฑَ ؟ ู‚َุงู„َ: ูŠَุงุนَุงุฆِุดَุฉَ : ุฅِู†َّ ุนَูŠْู†َูŠَّ ุชَู†َุงู…َุงู†ِ ูˆَู„ุงَ ูŠَู†َุงู…ُ ู‚َู„ْุจِูŠْ

Dari Salamah bin Abdurohman, sesungguhnya ia bertanya kepada Aisyah ra bagaimana adanya sholat Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam di bulan Romadhon? Maka ia menjawab: Tidak ada tambahan (rokaat) dibulan Romadhon dan tidak dibulan lainnya, hanya sebelas rokaat. Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan, bagusnya, dan panjangnya kemudian Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan, bagusnya, dan panjangnya kemudian beliau sholat tiga rokaat, lalu aku (Aisyah) bertanya: Ya Rosulullah apakah Engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab: Ya Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur tetapi hatiku tidak.
3. SM: I: 329:125
ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ุณَู„َู…َุฉَ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุฃَ ู†َّู‡ُ ุณَุฃَู„َ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ ُุนَู†ْู‡َุง ูƒَูŠْูَ ูƒَุงู†َุชْ ุตَู„ุงَุฉُ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ؟ ู‚َุงู„َุชْ: ู…َุงูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَุฒِูŠْุฏُ ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَู„ุงَ ูِู‰ ุบَูŠْุฑِู‡ِ ุนَู„َู‰ ุฅِุญْุฏَู‰ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„َّู‰ ุซَู„ุงَุซًุง ูَู‚َุงู„َุชْ ุนَุงุฆِุดَุฉُ ูَู‚ُู„ْุชُ: ูŠَุงุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَุชَู†َุงู…ُ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ุชُูˆْุชِุฑَ؟ ูَู‚َุงู„َ: ูŠَุงุนَุงุฆِุดَุฉَ: ุฅِู†َّ ุนَูŠْู†َูŠَّ ุชَู†َุงู…َุงู†ِ ูˆَู„ุงَ ูŠَู†ุงَู…ُ ู‚َู„ْุจِูŠْ.
Artinya: lihat SB: I: Juz: 2: 47/252.
4. SAD: I: 313: 1341
ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ุณَู„َู…َุฉَ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุฃَ ู†َّู‡ُ ุณَุฃَู„َ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฒَูˆْุฌَ ุงู„ู†َّุจِูŠِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒَูŠْูَ ูƒَุงู†َุชْ ุตَู„ุงَุฉُ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ؟ ูَู‚َุงู„َุชْ: ู…َุงูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَุฒِูŠْุฏُ ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَู„ุงَ ุบَูŠْุฑِู‡ِ ุนَู„َู‰ ุฅِุญْุฏَู‰ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ  ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ุซَู„ุงَุซًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ู‚َุงู„َุชْ ุนَุงุฆِุดَุฉُ ูَู‚ُู„ْุชُ: ูŠَุงุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃَุชَู†َุงู…ُ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْุชُูˆْุชِุฑَ ؟ ูَู‚َุงู„َ: ูŠَุงุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฅِู†َّ ุนَูŠْู†َูŠَّ ุชَู†َุงู…َุงู†ِ ูˆَู„ุงَ ูŠَู†َุงู…ُ ู‚َู„ْุจِูŠْ.
Artinya: lihat hadits: SB: I: Juz: 2: 47/252
. SAD: I: 313: 1341
ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ุณَู„َู…َุฉَ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุฃَ ู†َّู‡ُ ุณَุฃَู„َ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฒَูˆْุฌَ ุงู„ู†َّุจِูŠِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒَูŠْูَ ูƒَุงู†َุชْ ุตَู„ุงَุฉُ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ؟ ูَู‚َุงู„َุชْ: ู…َุงูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَุฒِูŠْุฏُ ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَู„ุงَ ุบَูŠْุฑِู‡ِ ุนَู„َู‰ ุฅِุญْุฏَู‰ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุฃَุฑْุจَุนًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّู‰ุซَู„ุงَุซًุง ูَู„ุงَ ุชَุณْุฃَู„ْ ุนَู†ْ ุญُุณْู†ِู‡ِู†َّ ูˆَุทُูˆْู„ِู‡ِู†َّ ู‚َุงู„َุชْ ุนَุงุฆِุดَุฉُ ูَู‚ُู„ْุชُ: ูŠَุงุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃَุชَู†َุงู…ُ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْุชُูˆْุชِุฑَ ؟ ูَู‚َุงู„َ: ูŠَุงุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฅِู†َّ ุนَูŠْู†َูŠَّ ุชَู†َุงู…َุงู†ِ ูˆَู„ุงَ ูŠَู†َุงู…ُ ู‚َู„ْุจِูŠْ.
Artinya: lihat hadits: SB: I: Juz: 2: 47/252
Keterangan
1. Dari keterangan hadits riwayat SB: I: Juz: 2: 47/252, SM: I: 324: 125 dan SAD: I: 313: 1341 dengan jelas sekali, bahwa bilangan rokaat sholat Tarawih atau Qiyamu Romadhon atau Qiyamul Lail tidak lebih dan tidak kurang dari sebelas rokaat.
2. Kaifiyat pelaksanaannya adalah:
· Qiyamu Romadhon empat rokaat salam, empat rokaat salam dan tiga rokaat salam, tidak ada duduk tahiyyat awwal (langsung tanpa duduk dua rokaat)
· Qiyamul Lail (di luar bulan Romadhon) dua rokaat salam, sampai lima kali.
3. Dengan hadits-hadits shohih yang menjelaskan tentang bilangan rokaat hanya sebelas, maka jika ada hadits yang menjelaskan lebih atau kurang dari sebelas rokaat, maka hadits tersebut adalah lemah/dhoif.
4. Dengan sholat Qiyamu Romadhon/ Tarawih, maka sholat Tahajjud atau Qiyamul Lail pada bulan itu tidak ada.
Sejarah Timbulnya Sholat Tarawih Berjamaah.
Timbulnya tarawih/Qiyamu Romadhon berjamaah, kalaupun riwayat tersebut dianggap benar, adalah dimasa kholifah Umar Bin Khotob ra pertengahan. Disaat Kholifah Umar ra dan Abdur-Rohman bin Abdul Qori keluar malam berkeliling/ronda misalnya:
SB : I: Juz: 2: 342
ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุดِู‡َุงุจٍ ุนَู†ْ ุนُุฑْูˆَุฉَ ุจْู†ِ ุงู„ุฒُّุจَูŠْุฑِ ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ْู‚َุงุฑِุฆِ ุฃَู†َّู‡ُ ู‚َุงู„َ: ุฎَุฑَุฌْุชُ ู…َุนَ ุนُู…َุฑَ ุจْู†ِ ุงู„ْุฎَุทَّุงุจِ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู„َูŠْู„َุฉَ ูِู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ูَุฅِุฐَุง ุงู„ู†َّุงุณُ ุฃَูˆْุฒَุงุนٌ ู…ُุชَูَุฑِّู‚ُูˆْู†َ ูŠُุตَู„ِّู‰ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ู„ِู†َูْุณِู‡ِ ูˆَูŠُุตَู„َّู‰ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ูَูŠُุตَู„ِّู‰ ุจِุตَู„ุงَุชِู‡ِ ุงู„ุฑَّู‡ْุทُ ูَู‚َุงู„َ ุนُู…َุฑَ : ุฅِู†ِّู‰ ุฃَุฑَู‰ ู„َูˆْ ุฌَู…َุนْุชُ ู‡َุคُู„ุงَุกِ ุนَู„َู‰ ู‚َุงุฑِุฆٍ ูˆَุงุญِุฏٍ ู„ِูƒَุงู†َ ุฃَู…ْุซَู„َ ุซُู…َّ ุนَุฒَู…َ ูَุฌَู…َุนَู‡ُู…ْ ุนَู„َู‰ ุฃُุจِูŠِّ ุจْู†ِ ูƒَุนْุจٍ ุซُู…َّ ุฎَุฑَุฌْุชُ ู…َุนَู‡ُ ู„َูŠْู„َุฉٌ ุงُุฎْุฑَู‰ ูˆَุงู„ู†ุงَّุณُ ูŠُุตَู„ُّูˆْู†َ ุจِุตَู„ุงَุฉٍ ู‚َุงุฑِุฆِู‡ِู…ْ ู‚َุงู„َ ุนُู…َุฑَ: ู†ِุนْู…َ ุงู„ْุจِุฏْุนَุฉُ ู‡َุฐِู‡ِ ูˆَุงู„َّุชِู‰ ูŠَู†َุงู…ُูˆْู†َ ุนَู†ْู‡َุง ุฃَูْุถَู„ُ ู…ِู†َ ุงู„َّุชِู‰ ูŠَู‚ُูˆْู…ُูˆْู†َ ูŠُุฑِูŠْุฏُ ุฃَุฎِุฑَ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ูˆَูƒَุงู†َ ุงู„ู†ุงَّุณُ ูŠَู‚ُูˆْู…ُูˆْู†َ ุฃَูˆَู„َู‡ُ.

Dari Ibnu Syihab, dari Urwah bin Jubair dari Abdur-Rohman bin Qori: Sesungguhnya ia berkata: Aku keluar bersama Umar bin Khotob ra pada suatu malam di bulan Romadhon menuju Masjid. Maka tiba-tiba orang-orang berkelompok-kelompok terpisah-pisah, seorang laki-laki sholat untuk dirinya sebab sholatnya orang tersebut, maka Umar bertanya: Sesungguhnya aku punya pandangan, seandainya aku kumpulkan mereka, dengan seorang imam sepertinya layak benar. Kemudian Azam mengumpulkan mereka (di laksanakan) oleh Ubay bin Ka’ab. Kemudian aku keluar (lagi) bersama Umar pada malamlain, dan orang-orang sholat dengan sholat yang (di imami) seorang imam. Umar berkata: Bid’ah yang dianggap baik (barang kali) ini, hanya saja mereka yang tidur (saat) itu lebih utama dari pada mereka yang sedang sholat, yang di maksud (sholatnya) di akhir malam. Sedangkan orang-orang sholat diawal malam
Keterangan
Hadits ini disebut riwayat atau hadits juga tapi mauquf, karena beritanya hanya sampai kepada shohabat yaitu Umar bin Khotob, tidak sampai kepada Nabi.
Jika riwayat tersebut, sanadnya bersambung dan rowinya Tsiqoh semua, maka riwayat itu dianggap riwayat shohih, tetap saja nilainya masih sebagai hadits mauquf.
Karena masih banyak hadits marfu yang shohih, seperti: SB: I: Juz: 2:47/252, SM: I: 329: 125 dan SAD: I: 313: 13141 maka kita mendahulukan hadits dari pada riwayat.
Sesuai dengan perintah Allah SWT. Di dalam Qs: 33:21.
Dan jika ada pertentangan dalam suatu urusan maka kembalikan kepada Allah dan Rosulnya Qs: 4: 59.
Ket :
SB : Shohih Bukhori
SM : Shohih Muslim
SAD : Sunan Abu Dawud



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perempuan itu wajib Sholat Jumat

Dampak demokrasi terhadap Islam

Cara mendapatkan ketenangan?